Contoh Program C++ Mencari Bilangan Prima

Minikoding.com | Contoh Program C++ Mencari Bilangan Prima – Halo sahabat minikoding terima telah berkunjung ke website ini semoga ilmunya bermanfaat. Nah sahabat minikoding pernahkah anda mendengar tentang Bilangan Prima ?. Pastinya tau ya kareana salah satu materi dari mata pelajaran Matematika ini sudah diajarkan ketika di bangku sekolah.

Pada kesempatan kali ini Minikoding akan mencoba membuat sebuah program sederhana yaitu Program C++ Mencari Bilangan Prima. Inspirasi ini muncul ketika ada anak SD yang sedang belajar bilangan prima. Akhirnya ikut penasaran dan Minikoding ingin mencoba mebuat sebuah program yang bisa menentukan bilangan masuk kedalam bilangan prima atau tidak jika kita menginputkan sebuah bilangan.

Sebelum menuju ke pembahasan inti, Minikoding akan paparkan secara singkat dan pada mengenai bilangan prima ini. Hal ini untuk dasar dari mencari bilangan prima tersampaikan kepada anda semua. Oke, mari langsung pembahasan tentang Program C++ Mencari Bilangan Prima

Baca Juga :

> Source Code Program C++ Biodata Mahasiswa Sederhana
> Contoh Proggram C++ Diskon Harga

Konsep Mencari Bilangan Prima

Apa itu Bilanga Prima ?

Bilangan prima adalah bilangan bulat yang lebih besar dari 1 dan hanya memiliki dua faktor pembagi, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Dalam kata lain, bilangan prima tidak dapat dibagi habis oleh bilangan bulat positif lainnya selain 1 dan dirinya sendiri.

Contoh bilangan prima adalah 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, dan seterusnya. Sebaliknya, bilangan-bilangan seperti 4, 6, 8, 9, 10, 12, dan seterusnya bukanlah bilangan prima karena memiliki lebih dari dua faktor pembagi.

Bilangan prima memiliki sifat-sifat unik, seperti setiap bilangan bulat yang lebih besar dari 1 dapat diekspresikan sebagai hasil kali bilangan-bilangan prima yang unik. Misalnya, 12 dapat diekspresikan sebagai 2 x 2 x 3.

Bilangan prima banyak digunakan dalam matematika, kriptografi, dan algoritma. Misalnya, algoritma Sieve of Eratosthenes digunakan untuk mencari bilangan prima dalam rentang tertentu, sementara algoritma RSA menggunakan bilangan prima untuk mengamankan data dalam sistem kriptografi.

Contoh Coding C++ Menentukan Bilangan Prima

Berikut ini contoh coding mencari bilangan prima menggunakan bahasa C++. Silahkan anda pelajari detail kode – kodenya :

1. Code Menentukan Bilangan Prima untuk 1 Bilangan

Dibawah ini merupakan code C++ untuk menentukan Bilangan Prima hanya untuk satu bilangan. Misalnya kita input bilangan 13, maka program akan menghasilkan ouput bilangan prima atau tidak bilangan prima.

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
   int angka, i;
   bool prima = true;
   cout << "Masukkan sebuah bilangan: ";
   cin >> angka;

   for(i = 2; i <= angka / 2; ++i) {
      if(angka % i == 0) {
         prima = false;
         break;
      }
   }

   if (prima)
      cout << angka << " adalah bilangan prima";
   else
      cout << angka << " bukan bilangan prima";

   return 0;
}

Keterangan :

Program di atas adalah contoh program sederhana dalam bahasa C++ untuk mengecek apakah sebuah bilangan bulat positif merupakan bilangan prima atau bukan.

Pada awal program, terdapat inisialisasi variabel angka bertipe data integer untuk menampung bilangan yang akan diperiksa, variabel i bertipe data integer untuk digunakan dalam iterasi, dan variabel boolean prima yang diinisialisasi dengan nilai true untuk menandakan bahwa bilangan tersebut prima pada awalnya.

Selanjutnya, pengguna diminta untuk memasukkan bilangan yang akan diperiksa dengan menggunakan perintah “cout” untuk menampilkan pesan “Masukkan sebuah bilangan: “, dan perintah “cin” untuk meminta input dari pengguna yang akan disimpan dalam variabel angka.

Setelah itu, program akan melakukan iterasi dengan menggunakan perulangan “for” dari nilai i=2 hingga i<=angka/2. Pada setiap iterasi, program akan memeriksa apakah angka dapat dibagi dengan i (dinyatakan dengan angka % i == 0). Jika ya, maka bilangan tersebut bukanlah bilangan prima, dan variabel boolean prima diubah nilainya menjadi false. Program kemudian keluar dari perulangan menggunakan perintah “break”.

Setelah perulangan selesai, program mengecek nilai variabel prima. Jika bernilai true, maka program akan menampilkan pesan “angka adalah bilangan prima”. Namun, jika bernilai false, maka program akan menampilkan pesan “angka bukan bilangan prima”.

Program tersebut mengimplementasikan algoritma yang sederhana untuk menentukan apakah sebuah bilangan merupakan bilangan prima atau bukan dengan melakukan uji pembagian langsung dengan bilangan-bilangan lebih kecil dari angka tersebut. Namun, algoritma ini hanya cocok untuk bilangan bulat positif kecil, karena semakin besar bilangan tersebut, semakin banyak perulangan yang harus dilakukan, sehingga waktu eksekusi program dapat memakan waktu yang lama.

2. Code Menentukan Bilangan Prima untuk Rentang Bilangan

Dibawah ini merupakan kode dimana untuk mencari bilangan prima dalam sebuah rentang bilangan. Misalnya kita ingin mencari bilangan berapa saja yang masuk kedalam bilangan prima antara bilangan 1 – 50. Maka nantinya program akan mengashilkan output daftar bilangan primanya. Seperti kode dibawah ini :

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
   int awal, akhir, i, j;
   bool prima;

   // Meminta input rentang bilangan yang akan dicari
   cout << "Masukkan bilangan awal: ";
   cin >> awal;

   cout << "Masukkan bilangan akhir: ";
   cin >> akhir;

   // Periksa bilangan prima di setiap bilangan pada rentang
   cout << "Bilangan prima pada rentang " << awal << " sampai " << akhir << " adalah: ";
   for(i = awal; i <= akhir; ++i) {
      // Set variabel prima sebagai true pada awalnya
      prima = true;

      // Periksa apakah bilangan saat ini prima atau bukan
      for(j = 2; j <= i/2; ++j) {
         if(i % j == 0) {
            prima = false;
            break;
         }
      }

      // Jika bilangan prima, tampilkan pada layar
      if(prima) {
         cout << i << " ";
      }
   }

   return 0;
}

Keterangan :

Program di atas akan meminta input dari pengguna untuk menentukan rentang bilangan yang akan dicari bilangan prima-nya. Setelah menerima input tersebut, program akan melakukan iterasi dari bilangan awal hingga bilangan akhir, dan melakukan pengecekan apakah setiap bilangan dalam rentang tersebut merupakan bilangan prima atau bukan.

Untuk mengecek apakah sebuah bilangan prima atau bukan, program akan melakukan iterasi dari 2 hingga setengah dari bilangan tersebut. Jika bilangan tersebut dapat dibagi dengan bilangan lain selain 1 dan dirinya sendiri, maka bilangan tersebut bukanlah bilangan prima. Jika pada akhir iterasi bilangan tersebut masih dapat dibagi dengan bilangan lain selain 1 dan dirinya sendiri, maka bilangan tersebut adalah bilangan prima dan akan ditampilkan pada layar.

Program di atas merupakan salah satu metode yang sederhana untuk mencari bilangan prima dalam rentang tertentu, namun pada rentang bilangan yang cukup besar, program tersebut mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pencarian.

Hasil Output Program

Berikut ini screenshot hasil running program ketika dijalankan pada compiler C++ online :

1. Hasil Ouput Code Pertama

2. Hasil Output Code Program Kedua

Contoh Kode C++ Menentukan Bilangan Prima 1 Bilangan

Baiklah sahabat minikoding hasil coding C++ untuk program menentukan bilangan prima untuk satu bilangan dan mencari bilangan prima dalam rentang bilangan tertentu. Sekaligus keterangan – keterangan dari masing – masing code programnya.

Ingat ! kode diatas masih dasar dan sederhanan, silahkan kembangkan sendiri menjadi lebih bagus dari segi tampilan dan tata peletakkan output kodenya.

Itulah pembahasan kali ini tentang Contoh Program C++ Mencari Bilangan Prima. Semoag informasi ini bermanfaat dan ikut terus website kami dan nantikan update – update kode berikutnya. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *