Contoh Program C++ Menghitung Kebutuhan Cat Tembok

Minikoding.com | Contoh Program C++ Menghitung Kebutuhan Cat Tembok – Halo apa akabr sahabat minikoding, semoga sehat selalu. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas program sederhana C++ yang ada di kehidupan sehari – hari. Program tersebut adalah program menghitung kebutuhan Cat tembok yang biasa dipakai untuk mencari tahu berapa banyak cat yang dibutuhkan. Sehingga kita dapat mengkalkulasi biaya untuk membeli cat.

Sebagai patokan awal admin menggunakan dasar rendemen sebagaimana rumus umum yaitu suatu patokan bahwa untuk 1 liter cat dapat digunakan untuk 10 Meter persegi. Jadi, kita cari tahu dulu berapa luas permukaan tembok kemudian hasilnya dibagi dengan rendemen tersebut.

Admin akan membuat program dasar C++ yang sederhana untuk program menghitung kebutuhan cat tersebut. Untuk pengembangan dan pengoptimalan fungsinya dapat anda kembangkan sendiri sesuai dengan kreasi masing – masing.

Rumus Menghitung Kebutuhan Cat

Rumus untuk mencari kebutuhan cat bisa beragam bergantung pada jenis cat yang digunakan dan jenis permukaan yang akan dicat. Berikut ini adalah rumus umum untuk menghitung kebutuhan cat untuk permukaan dinding:

  1. Hitung luas dinding yang akan dicat. Seperti, untuk dinding persegi panjang, luasnya dapat dihitung dengan rumus panjang x tinggi.
  2. Tentukan rendemen cat yang akan digunakan. Rendemen cat adalah jumlah cat yang dibutuhkan untuk menutupi satu meter persegi permukaan. Rendemen cat dapat bervariasi tergantung pada jenis cat dan merek cat yang digunakan.
  3. Hitung jumlah cat yang dibutuhkan. Rumusnya adalah jumlah cat = luas dinding yang akan dicat / rendemen cat.

Contoh: Jika luas dinding yang akan dicat adalah 20 meter persegi dan rendemen cat adalah 10 meter persegi per liter cat, maka jumlah cat yang dibutuhkan adalah 20/10 = 2 liter cat.

Tapi, perlu diingat bahwa rumus ini hanya memberikan estimasi kasar, karena faktor seperti kondisi permukaan dinding, jumlah lapisan cat yang diperlukan, dan teknik aplikasi cat dapat mempengaruhi jumlah cat yang dibutuhkan. Oleh karena itu, disarankan untuk meminta saran dari ahli cat atau toko cat terkait jumlah cat yang dibutuhkan untuk proyek yang akan dicat.

Source Code Program C++ Menghitung Kebutuhan Cat Tembok

Setelah mengawali pembahasan mengenai rumus kebutuhan cat, sekarang kita aplikasikan rumus tersebut kedalam bahasa pemrograman C++. Berikut ini source kode sederhana bahasa C++ untuk program penghitung kebutuhan cat tembok.

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
   // Input lebar, panjang, dan tinggi ruangan
   double lebar, panjang, tinggi;
   cout << "Masukkan lebar ruangan dalam meter: ";
   cin >> lebar;
   cout << "Masukkan panjang ruangan dalam meter: ";
   cin >> panjang;
   cout << "Masukkan tinggi ruangan dalam meter: ";
   cin >> tinggi;

   // Hitung luas dinding dan jumlah cat yang dibutuhkan
   double luas_dinding = 2 * (lebar + panjang) * tinggi;
   double jumlah_cat = luas_dinding / 10.0;

   // Output hasil perhitungan
   cout << "Luas dinding ruangan adalah " << luas_dinding << " meter persegi." << endl;
   cout << "Jumlah cat yang dibutuhkan adalah " << jumlah_cat << " liter." << endl;

   return 0;
}

Keterangan :

  1. Program meminta input dari pengguna berupa lebar, panjang, dan tinggi ruangan dalam meter.
  2. Program menghitung luas dinding ruangan dengan rumus 2 * (lebar + panjang) * tinggi.
  3. Program menghitung jumlah cat yang dibutuhkan dengan rumus luas_dinding / 10.0, di mana 10.0 adalah rendemen cat (yaitu, jumlah meter persegi yang dapat dicat dengan 1 liter cat).
  4. Program mencetak keluaran berupa luas dinding ruangan dan jumlah cat yang dibutuhkan.

Harap dicatat bahwa program ini hanya menghitung kebutuhan cat untuk dinding. Jika Anda ingin menghitung kebutuhan cat untuk plafon atau lantai, Anda perlu menghitung luas permukaan masing-masing dan menambahkan jumlah cat yang dibutuhkan secara terpisah.

Hasil Output Ketika Program Dijalankan

Berikut ini screnshoot hasil output source code tersebut ketika dijalankan dengan menggunakan IDE Dev C++.

Contoh Program C++ Menghitung Kebutuhan Cat Tembok

Itulaj program sederhana C++ ketika dijalankan. Dari Screenshoot diatas menandakan kode berjalan dengan baik dan tidak ada error. Nah, untuk kebutuhan lainnya seperti judul program dan perapian tampilan output dapat anda sesuaikan sendiri.

Baik, demikianlah informasi tentang Contoh Program C++ Menghitung Kebutuhan Cat Tembok. Semoga dapat membantu meringankan tugas anda ya. Jangan lupa untuk mengembangkan dan mengkreasikan source code diatas. Sampai ketemu kagi di pembahasan seanjutnya ,terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *