Contoh Program C++ Kasir Pembayaran Kos Sederhana

Minikoding.com | Contoh Program C++ Kasir Pembayaran Kos Sederhana – Selamat datang di Minikoding, website sederhana yang membahas tentang program sederhana. Pada kesempatan kali ini Minikoding akan membahasa mengenai program C++ sederhana aplikasi kasir / pembayaran kos – kosan.

Sesuai dengan judulnya bahwa program ini dibuat secara sederhana menggunakan bahasa pemrograman C++. Sehingga cocok utuk anda yang sedang belajar atau yang sedang mencari referensi tugas kuliah / sekolah. Sebagaimana yang telah minikoding bagikan pada postingan – postingan sebelumnya. Silahkan anda jelajahi contoh – contoh programnya.

Dipembahasan kalini akan fokus ke contoh progam Kasir Pembayaran Kos. Mungkin bagi teman – teman yang pernah kos sudah memahami bagaimana sistem pembayaran kos. Setiap kos – kosan juga berbeda – beda pembayarannya, ada yang paket lengkap ada yang paket terpisah. Misalnya nih, kos – kosan paket terpisah harus bayar listrik sendiri, tambah barang eletronik kipas, setrika dll dikenakan biaya tambahan sendiri.

Dan dikesempatan kali ini admin akan membuat program Kasir pembayaran kos dengan sistem paket terpisah sesuai yang sudah dijelaskan tadi. Sebelum ke source code program berikut ini rincian harga beserta biaya tambahannya.

Rincian Harga Sewa Kos Beserta Biaya Tambahannya

Dari rincian ini dapat kita analisa bagaimana nantinya code yang akan dibuat. Selain itu pada sistem kos ini juga menerapkan Biaya Denda jika telat dalam pembayarannya. Adapun ketentuan dendanya adalah terakhir bayar adalah tanggal 30 untuk keterlambatannya selama 10 hari.

Berikut adalah rincian harga sewa kos perbulan dan Biaya tambahan

NOJenis BiayaBiaya
1Harga sewa kos perbulanRp. 300.000
2Listrik Wajib PerbulanRp. 20.000
3Tambahan Kipas Angin PerbulanRp. 5.000
4Tambahan Magic Jar / Strika dll PerbulanRp. 5000

Dengan data tersebut admin akan mengimplementasikan menjadi sebuah program sederhana menggunakan bahasa pemrograman C++.

Source Code Program C++ Kasir Pembayaran Kos Sederhana

Berikut ini hasil dari analisa sistem pembayaran kasir kos yang diimplementasikan kedalam code program sederhana dengan bahasa C++ :

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
   // Deklarasi variabel
   int harga_kamar = 300000;
   int harga_listrik = 20000;
   int biaya_tambahan = 0;
   int tanggal_bayar;
   int denda = 0;
   int total_pembayaran;

   // Tanyakan tanggal pembayaran
   cout << "Masukkan tanggal pembayaran (1-30): ";
   cin >> tanggal_bayar;

   // Tanyakan apakah ingin menambahkan kipas
   char pilih_kipas;
   cout << "Apakah ingin menambahkan kipas? (y/n): ";
   cin >> pilih_kipas;
   if (pilih_kipas == 'y') {
      biaya_tambahan += 5000;
   }

   // Tanyakan apakah ingin menambahkan magic jar
   char pilih_magic_jar;
   cout << "Apakah ingin menambahkan magic jar? (y/n): ";
   cin >> pilih_magic_jar;
   if (pilih_magic_jar == 'y') {
      biaya_tambahan += 5000;
   }

   // Hitung total pembayaran
   total_pembayaran = harga_kamar + harga_listrik + biaya_tambahan;
   if (tanggal_bayar > 30) {
      denda = 10000;
      total_pembayaran += denda;
   }

   // Cetak keluaran
   cout << "Harga kamar perbulan: " << harga_kamar << endl;
   cout << "Biaya listrik perbulan: " << harga_listrik << endl;
   cout << "Biaya tambahan: " << biaya_tambahan << endl;
   if (denda > 0) {
      cout << "Denda telat bayar: " << denda << endl;
   }
   cout << "Total pembayaran: " << total_pembayaran << endl;

   return 0;
}

Keterangan :

  1. Program menginisialisasi harga kamar, harga listrik, biaya tambahan, tanggal bayar, denda, dan total pembayaran dengan nilai awal yang sesuai.
  2. Program meminta input dari pengguna berupa tanggal pembayaran, apakah ingin menambahkan kipas, dan apakah ingin menambahkan magic jar. Jika pengguna memilih untuk menambahkan kipas atau magic jar, maka biaya tambahan akan ditambahkan dengan harga yang sesuai.
  3. Program menghitung total pembayaran dengan menjumlahkan harga kamar, harga listrik, dan biaya tambahan. Jika tanggal bayar lebih dari 30, maka program akan menambahkan denda sebesar 10000 ke total pembayaran.
  4. Program mencetak keluaran berupa harga kamar perbulan, biaya listrik perbulan, biaya tambahan (jika ada), denda telat bayar (jika ada), dan total pembayaran.

Catatan: Program ini hanya merupakan contoh sederhana dan belum mempertimbangkan faktor-faktor seperti perubahan harga kamar atau biaya listrik yang dapat terjadi dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, program ini perlu disesuaikan dengan kondisi yang lebih spesifik dan lebih lengkap.

Hasil Output Program Ketika Dijalankan

Cource Code diatas dapat dijalankan atau RUN menggunakan IDE Dev C++ atau sejenisnya. Berikut ini hasil output ketik RUNNING menggunakan Dev C++ :

Contoh Program C++ Kasir Pembayaran Kos Sederhana

Itulah hasil output dari source code diatas ketika dijalankan menggunakan Dev C++. Anda dapat mengembangkannya sendiri dengan menambahkan Kop Program dan juga merapikan menu input dan ouput. Sehingga hasilnya program akan terlihat lebih rapi dan tertata.

Oh iya, bagi sahabat minikoding yang ingin request program sederhana lainnya juga bisa. Silahkan hubungi kami melalui kontak kami dan sampaikan program apa yang ingin dibuatkan contohnya. Kami Tunggu Ya.

Baik, cukup sekian pembahasan kali ini, karena sudah panjang lebar membahas Contoh Program C++ Kasir Pembayaran Kos Sederhana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman – teman semua yang sedang belajar pemrograman dasar. Jika dasar nya sudah anda kuasai maka besar kemungkinan untuk bahasa – bahasa yang lain akan lebih mudah untuk memahaminya.

Oke, jangan lupa share artikel ini sebanyak – banyaknya dan admin ucapkan terima kasih. – Minikoding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *