Contoh Program C++ Menghitung Cicilan Rumah

Minikoding.com | Contoh Program C++ Sederhana Menghitung Cicilan Rumah – Hai sahabat minikoding, masih semangat belajar pemrograman C++ ?. Jangan patah semangat ya sahabat minikoding. Nah, kita berjumpa lagi pada kesempatan kali yang akan membahas tentang Program C++ Sederhana Menghitung Cicilan Rumah .

Jika kira membicarakan tentang cicilan / angsuran pastinya tidak lepas dari Uang Muka, Tenor Cicilan, Bungan dan besar cicilanya setiap bulan. Nah, admin mecoba untuk berkreasi membuat hitungan program cicilan.

Secara gampangnnya gini, misal kita ingin menghitung berapa besar cicilan dengan tenor tertentu dan bunga tertentu. Nah bisa kita inputkan besar cicilan dan bunga serta tenor yang diminati. Program ini sering kita jumpai di aplikasi – aplikasi paylater atau pinjol. Tapi kali ini admin mencoba membuat programnya dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C++.

Konsep Program C++ Sederhana

Sistem kerja dari program menghitung cicilan rumah ini sama seperti program pinjaman online yang bisa disebut juga kalkulator angsuran. Misal si A ini ingin beli ruma dengan harga 200 juta dengan tenor waktu 60 bulan dengan bunga 0.25 %. Nah itu bisa kita ketahui berapa cicilan perbulannya dengan program ini.

User akan melakukan input berupa besar harga cicilan, tenor / durasi waktu / dan lain sebagainya. Kemudian data akan kesimpan kedalam sistem memory komputer. Selanjutnya akan dihitung berdasarkan hitungan anuitas.

Output berupa informasi besar cicilan dan rincian biaya yang dikeluarkan dari hasil hitungan dari data yang diinputkan. Dengan demikian kita akan mengetahui hitungan – hitungan kalkulasinya sebelum menentukan untuk mengambil cicilan tersebut.

Contoh Program C++ Sederhana Menghitung Cicilan Rumah

Berikut ini adala conoth source code program C++ menghitunga cicilan rumah. Code ini mengguhakan tema cicilan rumah, anda juga bisa mengubah tema sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian. Silahkan pelajari code diabwah ini.

#include <iostream>
#include <cmath>

using namespace std;

int main() {
    double harga_rumah, uang_muka, bunga_per_bulan, cicilan_per_bulan, sisa_hutang;
    int durasi_kredit;
    
    // Meminta input data dari user
    cout << "Masukkan harga rumah: Rp ";
    cin >> harga_rumah;
    cout << "Masukkan uang muka: Rp ";
    cin >> uang_muka;
    cout << "Masukkan durasi kredit (tahun): ";
    cin >> durasi_kredit;
    
    // Menghitung sisa hutang setelah membayar uang muka
    sisa_hutang = harga_rumah - uang_muka;
    
    // Menghitung bunga per bulan dan cicilan per bulan
    bunga_per_bulan = 0.0025; // 0,25% per bulan
    int jumlah_bulan = durasi_kredit * 12; // Durasi kredit dalam bulan
    cicilan_per_bulan = sisa_hutang * (bunga_per_bulan * pow((1 + bunga_per_bulan), jumlah_bulan)) / (pow((1 + bunga_per_bulan), jumlah_bulan) - 1);
    
    // Menampilkan hasil perhitungan
    cout << "\nRincian Pembayaran:\n";
    cout << "Harga rumah: Rp " << harga_rumah << endl;
    cout << "Uang muka: Rp " << uang_muka << endl;
    cout << "Sisa hutang: Rp " << sisa_hutang << endl;
    cout << "Durasi kredit: " << durasi_kredit << " tahun" << endl;
    cout << "Bunga per bulan: " << bunga_per_bulan * 100 << "%" << endl;
    cout << "Cicilan per bulan: Rp " << cicilan_per_bulan << endl;
    
    return 0;
}

Keterangan :

Contoh program diatas menggunakan besar suku bunya 0,25%, silahkan ganti sesuai dengan kebutuhan anda. Didalam code tersebut sudah tersedia keterangan kode nya jadi bisa anda pelajar dan pahami dengan mudah.

Output Program Menghitung Cicilan

Dari kode diatas, akan menghasilkan output sebagai berikut:

Contoh output program jika input harga rumah adalah 500 juta, uang muka adalah 50 juta, dan durasi kredit adalah 10 tahun:

Masukkan harga rumah: Rp 500000000
Masukkan uang muka: Rp 50000000
Masukkan durasi kredit (tahun): 10

Rincian Pembayaran:
Harga rumah: Rp 500000000
Uang muka: Rp 50000000
Sisa hutang: Rp 450000000
Durasi kredit: 10 tahun
Bunga per bulan: 0.25%
Cicilan per bulan: Rp 5092569.34

Program di atas menggunakan rumus anuitas untuk menghitung cicilan per bulan, yaitu:

Cicilan per bulan = Sisa hutang * (bunga per bulan * (1 + bunga per bulan) ^ jumlah bulan) / ((1 + bunga per bulan) ^ jumlah bulan - 1)

Dimana Sisa hutang adalah harga rumah dikurangi uang muka, Bunga per bulan adalah 0,25% (sebagaimana diminta dalam soal), dan Jumlah bulan adalah durasi kredit dalam bulan (dalam contoh ini, 0 tahun x 12 bulan/tahun = 120 bulan).

Anuitas adalah sebuah istilah dalam matematika keuangan yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Anuitas biasanya digunakan untuk membayar hutang atau membiayai investasi dalam jangka waktu tertentu.

Dalam konteks pembayaran hutang, anuitas dapat digunakan untuk menghitung besarnya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya agar hutang tersebut dapat dilunasi dalam waktu yang telah ditentukan. Anuitas juga dapat digunakan untuk menghitung besarnya investasi yang perlu dilakukan setiap bulannya agar pada akhir periode tertentu, investasi tersebut dapat mencapai jumlah tertentu.

Baiklah sahabat Minikoding, itulah pembahasan tentang Contoh Program C++ Menghitung Cicilan Rumah. Semoga contoh program ini dapat membantu anda, silahkan dikembangkan contoh program ini menurut kreatifitas masing – masing ya.. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *