Belajar C++ #2 : Pengenalan Environment dan Instalasi Compiler C++

Pengenalan Environment dan Instalasi Compiler C++

 

Minikoding.com Pengenalan Environment dan Instalasi Compiler C++ – Halo sahabat minikoding, semoga masih semangat belajar programingnya. Selanjutnya setelah anda mengenal dasar – dasar dan apa itu Bahasa C++ maka kalian bisa melanjutkan tentang Pengenalan Environment dan Instalasi Compiler C++.

Environment dan Compiler C++ maksdunya kalian harus mengenal aplikasi untuk menginterpretasikan code syntax serta environmentnya. Bagaimana bentuk syntax nya kemudian libaray – library yang diperlukan dalam coding C++.
Nah, pada postingan Belajar C++ #2 : Pengenalan Environment dan Instalasi Compiler C++ kali ini akan admin paparkan pejelsan tentang Environment dan Compiler C++.  Baiklah langsung saja kita mulai materi kali ini.

Pengenalan Environment dan Instalasi Compiler C++

Sebelum memulai belajar bahasa pemrograman C++, terlebih dahulu kita perlu menginstal compiler yang akan digunakan untuk menulis dan menjalankan kode program. Compiler adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengubah kode program menjadi bahasa mesin sehingga dapat dijalankan oleh komputer.

Untuk memulai belajar bahasa pemrograman C++, kita dapat menggunakan compiler yang gratis dan mudah digunakan seperti

  1. Code::Blocks
  2. Turbo C++
  3.  Dev-C++.

Setelah mengunduh dan menginstal compiler, kita dapat memulai membuat project baru dan menulis kode program.

Setelah menulis kode program, kita dapat menjalankan program tersebut dengan menekan tombol “Run” atau dengan menggunakan keyboard shortcut seperti F9. Program akan dieksekusi dan hasilnya akan ditampilkan pada jendela console.

Selain compiler, kita juga dapat menggunakan integrated development environment (IDE) seperti

  1. Microsoft Visual Studio
  2. Eclipse.

IDE adalah perangkat lunak yang membantu programmer dalam menulis, mengatur, dan menjalankan kode program. IDE biasanya menyediakan fitur seperti auto-completion, debugging, dan visual interface yang mempermudah pengembangan aplikasi.

Dengan menginstal compiler atau IDE, kita sudah siap untuk memulai belajar bahasa pemrograman C++. Namun, sebelum memulai, pastikan untuk memahami dasar-dasar syntax dan konsep pemrograman seperti variabel, operator, percabangan, perulangan, dan fungsi.

Tutorial Cara Instal Dev C++

Admin juga sudah menyiapkan langkah – langkah instal Dev C++ sebagai IDE dan Compiler Bahasa Pemrograman C++. Tutorial diawali dari proses download hingga proses instalasinya yang sudah dilengkapi dengan gambar.

Untuk tutorialnya silahkan klik taurtan berikut => Cara Instal Dev C++ Lengkap dengan Gambar

atau silahkan baca dulu artikel tentang pengertian Dev C++ pada link berikut => Apa itu Dev C++ ?, Mengenal Lebih Dalam Aplikasi Bahasa Pemrograman C++

Belajar bahasa pemrograman C++ memerlukan dedikasi dan kesabaran. Namun, setelah memahami dasar-dasar dan terus belajar dan berlatih, kita akan dapat membuat aplikasi yang lebih kompleks dan berkualitas. Jangan ragu untuk terus mempelajari dan meningkatkan skill programming Anda.

Baiklah sahabat minikoding, itulaj penjelasan tentang Pengenalan Environment dan Instalasi Compiler C++ pada belajar ke #2. Semoga materi – materi yang admin sampaikan dapat menambah wawasan anda dan menjadi inspirasi untuk lebih giat lagi dalam belajar programing. Terima Kasih. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *