C++

Belajar C++ #3 : Struktur Program Dasar C++

Belajar C++ #3  Struktur Program Dasar C++
Minikoding.com | Struktur Program Dasar C++ РSetelah perkenalan dengan penjelasan tentang bahasa C++ dan paparan ringkas mengenai Environment serta IDE compiler pada bahasa C++. Selanjutnya kita memasuki tentang Struktur Program Dasar C++.
Struktur program dasar pada C++ merupakan hal yang perlu dikuasai oleh setiap pengembang software. Struktur program yang baik dan benar dapat membuat kode program menjadi lebih mudah dimengerti dan dipelajari oleh pengguna lain.

Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai struktur program dasar pada C++ beserta contoh penggunaannya. Dalam belajar C++ kali ini anda harus memahami struktur program C++. Bagian – bagian dari komponen program C++ sehingga menjadi program yang satu padu.

Pemahaman tentang struktur program dasar C++ dapat mempermudah anda menentukan apa yang harus anda buat ketika sedang mengembangkan sebuah program.

Adapun hal – hal yang wajib anda mengerti adalah mengenai header, pernyataan (Statements), fungsi utama (main function). Nah untuk lebih jelasnya mari kita bahasa inti dan poko dari pemahaman tentang Struktur Program Dasar C++.
Artikel Terkait:

Program pada C++ terdiri dari serangkaian pernyataan (statements) yang dieksekusi secara berurutan oleh komputer. Pernyataan pada C++ dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Pernyataan kontrol
  2. Pernyataan ekspresi.
Pernyataan kontrol pada C++ digunakan untuk mengontrol jalannya program. Beberapa pernyataan kontrol yang sering digunakan pada C++ adalah if, switch, dan loop. Sedangkan pernyataan ekspresi pada C++ digunakan untuk melakukan operasi aritmatika atau logika pada variabel.

Struktur program dasar pada C++ terdiri dari tiga bagian utama, yaitu header, fungsi utama (main function), dan pernyataan (statements). Berikut adalah struktur program dasar pada C++:

#include <iostream> // Header

int main() // Fungsi Utama
{
    // Pernyataan
    return 0;
}

Header pada C++ adalah bagian yang mendefinisikan library atau header file yang akan digunakan dalam program. Pada contoh di atas, header yang digunakan adalah iostream. Header iostream digunakan untuk memudahkan input dan output data pada program.

Fungsi utama pada C++ adalah bagian yang pertama kali dieksekusi oleh program. Fungsi utama pada C++ selalu ditandai dengan kata kunci main. Setiap program pada C++ wajib memiliki fungsi utama.

Pernyataan pada C++ merupakan bagian yang digunakan untuk menjalankan kode program. Pernyataan pada C++ dapat berupa pernyataan ekspresi maupun pernyataan kontrol.

Contoh Program Sederhana pada C++

Berikut adalah contoh program sederhana pada C++ yang mengeluarkan pesan ke layar:

#include <iostream>

int main()
{
    std::cout << "Hello, World!n";
    return 0;
}

Pada contoh di atas, program menggunakan header iostream. Pernyataan pada program menggunakan pernyataan ekspresi std::cout << “Hello, World!n”; yang berfungsi untuk menampilkan pesan “Hello, World!” ke layar.

Kemudian, program diakhiri dengan pernyataan return 0; yang berfungsi untuk mengembalikan nilai 0 sebagai tanda bahwa program berjalan dengan sukses.

Kesimpulan

Struktur program dasar pada C++ sangat penting untuk dikuasai oleh setiap pengembang. Karena ini merupakan dasar yang diibaratkan sebagai pondasi. Komponen – komponen dalam menentukan pernyataan, fungsi dan lainnya yang menjadikan sebuah program berjalan sesuai dengan apa yang diusulkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button